Minggu, 26 April 2015

Inovasi Fisika Dalam Ferrofluida

Inovasi Fisika Dalam Ferrofluida
Irine Saraswati Siregar
Abstrak
Bangsa Yunani kuno telah mengetahui tentang magnet sejak tahun 800 sebelum masehi,mereka mengamati adanya gaya-gaya magnetik dari batu magnetit () yang terdapat di alam ternyata di alam ternyata ditarik oleh besi. Istilah magnet terdapat pada magnet berasal dari Magnesia, nama distrik di Yunani. Sifat yang paling populer dari magnet yaitu kutub-kutub magnet yang sama (U-U atau S-S) tolak-menolak dan kutub yang berlawanan (U-S) tarik-menarik.Sifat dari magnet tersebut mendasari pembuatan ferrofluida sebagai inovasi dalam dunia fisika untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya penggunaan ferrofluida dalam magnetic ink dan color shifting ink yaitu tinta khusus yang digunakan dalam pembuatan dollar Amerika yang memungkinkan adanya perubahan warna bila melihatnya dari sudut pandang yang berbeda dan untuk mencegah pemalsuan dari uang dollar Amerika.


Kata Kunci : Listrik Magnet dan Medan Magnet
1.Pendahuluan
Ferrofluida adalah zat cair pitch warna hitam terbuat dari besi partikel kecil yang sangat bisa menjadi magnet. Biasanya banyak didapatkan di daerah pegunungan aktif dengan cara mengambil pasir besi menggunakan alat magnet.Kemudian inovasi ferrofluida ini dikembangan oleh negara adidaya Amerika Serikat untuk progam ruangnya.Ukuran partikel ferrofluida adalah sepuluh besi berdiameter nanometer untuk ukuran molekul tunggal.
     Ferrofluida dianggap Superparamagnetik (SPM),awal mulanya tercipta stempel cair yang diadakan diposisi oleh medan magnet.
Selama bertahun-tahun Superparamagnetic (SPM) telah digunakan dalam daur ulang material yang sangat berguna dalam proses pemisahan material di industri pertambangan. Rahasianya adalah densitas fluida yang jelas, yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan medan magnet.
Description: G:\images FERROFUID.jpg
Gambar 1.1 Ferrofluid

Description: G:\ferrofluid magnetic display.jpg
Gambar 1.2 Ferrofluid Maagnetic Display
2. Tinjauan Pustaka
     Selain digunakan dalam pembuatan MICR (Magnetic Ink Character Recognition), ferrofluida juga digunakan dalam berbagai bidang dan penciptaan benda yang diantaranya:
1.      Bidang Kedokteran
2.      Bidang Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA)
3.      Bidang Manufaktur Transformator Listrik
4.      Bidang Militer (Angkatan Udara) Amerika Serikat
5.      Saklar Sensor
6.      Solenoid
      Description: G:\MICR IMAGE.jpg
Gambar 1.3 Magnetic Ink Character Recognition
3. Metode
     Proses pembuatan ferrofluida (Magnetic Ink) yang menggunakan tinta magnetik yang dapat berubah padat apabila adanya medan magnet, mekanismenya apabila cairan ferrofluid terkena medan magnet maka semua partikel magnetik di dalamnya akan sejajar dengan garis-garis medan, membuat cairan jauh lebih padat. Bahan dasar Magnetic Ink Character Recognition dari ferrofluifda dan minyak pelumas cahaya untuk dibuat suspensi. Setelah tinta menjadi kering maka digunakan untuk mencetak cek dan dokumen lain.
4. Hasil dan Pembahasan
     Pada umumnya ferrofluida sangat populer bermanfaat sebagai Magnetic Ink Character Recognition, namun sebenarnya manfaat ferrofluida lebih dari itu.
     Dalam Bidang Kedokteran : ferrofluida yang mengandung nanopartikel besi oksida, SPION (Superparamagnetic Iron Oksida Nanopartikel) digunakan dalam pengobatan kanker bernama magnetik hipertermia ; Bidang Luar Angkasa : ferrofluida digunakan sebagai bahan dasar sebuah loop tertutup sebagai dasar untuk sikap sistem kontrol pesawat untuk mengubah momentum sudut mempengaruhi rotasi pesawat ruang angkasa; Bidang Manufaktur dan Transformator Listrik : ferrofluida digunakan untuk dielektrik termal (transformator) dalam meningkatkan proses pendinginan debgan cara meningkatkan sirkulasi fluida dalam gulungan trafo, Bidang Militer (Angkatan Udara) : ferrofluida diperkenalkan oleh Amerika Serikat sebagai Radar Absorben berbahan RAM cat dari bahan zat ferrofuidic untuk mengurangi radar penampang pesawat dari refleksi gelombang elektomagnetik; benda Saklar Sensor memanfaatkan SPM ( Superparamagnetic) dalam meningkatkan sensivitas pada aplikasi sensor gerak; dan terakhir benda Solenoid  memanfaatkan ferrofluida dalam meminimalkan intensitas kebisingan dalam pembuatan peralatan berbasis solenoid.
5. Kesimpulan
     Ferrofluida adalah inovasi zat magnetic dalam dunia fisika yang potensinya banyak terdapat di Indonesia, namun para masyarakat Indonesia tidak memahami bahwa sebenarnya zat ferrofluida berniali sangat tinggi harganya di pasaran Amerika Serikat untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang dan penciptaan benda lainnya




Daftar Pustaka
Andryawal.blogspot.com
Jewett, Serway.2010.Fisika Untuk Sains dan Teknik. Salemba Teknika (Cengage Learning).Jakarta
Latesttechnomanias.blogspot.com
Osmila-primajaya.blogspot.com/2012/03/proses-membuat-magnetic-ink-tinta-magnet.html

Thinkgeek.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar